Halo anak Indonesia. Jalur masuk PTN yang akan dibahas hari ini adalah UTBK SBMPTN. Apa sih UTBK? SBMPTN? Nah buat yang lagi sibuk mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi ke jenjang universitas, simak pembahasan di bawah ini ya supaya tidak ada yang terlewat!

SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi atau biasa dikenal dengan SBMPTN adalah program seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan serentak secara nasional. Pada awalnya, jalur ini hanya tersedia pilihan PTN. Namun, sejak tahun 2021, kalian juga dapat mendaftar ke Politeknik Negeri melalui SBMPTN ini. SBMPTN dilakukan setelah SNMPTN, dan kriteria penilaiannya melalui tes, atau yang lebih dikenal dengan istilah UTBK saat ini. Ada beberapa jurusan PTN yang mewajibkan portofolio tambahan juga saat mendaftar.

UTBK

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK adalah ujian yang wajib diikuti oleh peserta SBMPTN. Jadi, kalau kalian mendaftar SBMPTN, secara otomatis kalian harus ikut UTBK ini. Pendaftarannya diselenggarakan bersamaan dengan SBMPTN. Materi tes nya ada 2, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TPS adalah tes yang akan menguji penalaran kalian secara mendalam, sedangkan TKA akan menguji pemahaman kalian terhadap mata pelajaran yang diujikan. Hasil nilainya tidak hanya sebagai syarat penilaian SBMPTN. Kalian juga bisa menggunakannya untuk Ujian Seleksi Mandiri sesuai syarat dan ketentuan PTN yang kamu tuju.

Lalu Perbedaannya Apa?

Pasti banyak dari kalian yang bingung, apa sih perbedaan keduanya? Nah, berdasarkan penjelasan di atas, sederhananya, UTBK ialah tes wajib saat mendaftar SBMPTN, sedangkan SBMPTN adalah proses seleksi untuk masuk ke PTN impianmu.

Alur Pendaftaran SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN secara umum dilakukan bersamaan dengan UTBK. Berdasarkan SBMPTN tahun 2021, berikut alur pendaftaran yang harus kamu ikuti:

  1. Registrasi akun LTMPT.
  2. Setelah mendaftar, Log In menggunakan akun LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Lengkapi biodata
  4. Pilih program studi sesuai ketentuan
  5. Unggah portofolio SBMPTN
  6. Pilih pusat UTBK. Lokasi ini menunjukkan di mana PTN tempat kalian akan tes
  7. Mendapatkan nomor pendaftaran dan slip pembayaran
  8. Lakukan pembayaran di bank yang ditunjuk oleh LTMPT. Jangan lupa bawa slip pembayaran saat pendaftaran UTBK (Pembayaran dilakukan maksimal 1 x 24 jam)
  9. Setelah membayar, lakukan Login akun untuk konfirmasi pendaftaran sekaligus mengunduh dan mencetak kartu peserta.

 

Untuk alur pendaftaran SBMPTN 2022 memang belum ada, tapi paling tidak kalian sudah dapat gambarannya ya akan seperti apa nanti pendaftarannya. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, sering-sering cek ke LTMPT untuk update terbaru agar kalian tidak tertinggal.

Semoga pembahasan ini bisa mempermudah persiapan kuliah kalian ya. Untuk memaksimalkan belajar kalian, jangan lupa konsultasikan semua kesulitan pembelajaranmu di halo guru. Akses juga try out online dan bank soal agar pembelajaranmu semakin lengkap. Semangat terus anak Indonesia.