Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyediakan 3 jenis beasiswa program Magister dan Doktor dan menudukung program beasiswa kementrian/lembaga terkait untuk putra putri terbaik Indonesia. Bagi kalian yang berminat mendaftar beasiswa ini, LPDP menginformasikan bahwa batas waktu pendaftaran akan diperpanjang hingga 4 Juni 2021.

 

Apa itu LPDP?

LPDP merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP ini merupakan sebuah Lembaga yang bekerja dibawah pengawasan 3 kementrian yaitu: Kemenkeu, Kemendikbud, dan Kemenag. Program beasiswa dari LPDP sendiri hanya ada dua yaitu program Magister atau S2 dan Doktor atau S3, baik dalam negeri maupun luar negeri. Jadi tidak ada program beasiswa tingkat Sarjana atau S1.

Maksimal masa studi untuk program Magister adalah 2 tahun, dan untuk program Doktor 4 tahun. Jika melebihi waktu tersebut, tentu saja bisa dikenakan penalty bagi pemegang atau pelaksana beasiswa tersebut.

Beasiswa LPDP ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan.

 

Biaya apa saja yang akan ditanggung untuk beasiswa LPDP?

Biaya pendaftaran, SPP, tunjangan buku, biaya tesis/disertasi/penelitian, biaya wisuda, biaya transport pulang pergi, asuransi kesehatan, biaya aplikasi VISA, biaya hidup dan biaya kedatangan. Yang terpenting bagi kalian yang ingin mendaftar beasiswa LPDP harus memenuhi syarat berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Merupakan lulusan Sarjana/Magister di Universitas terakreditasi Ban-PT
  • Mempunyai jiwa kepemimpinan
  • Berpartisipasi dalam kegiatan social kemasyarakatan/keilmuan/inovasi dan kebudayaan, dan lain sebagainya.

 

Beasiswa yang disediakan LPDP di tahun 2021

Di halaman resmi LPDP di www.lpdp.kemenkeu.go.id ada 3 beasiswa yang disediakan oleh LPDP di tahun 2021 ini, yaitu:

Beasiswa Afirmasi

  • Beasiswa berkebutuhan khusus Difabel 2021

Sasaran beasiswa ini adalah masyarakat berkebutuhan khusus/difabel yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh LPDP khususnya penyandang Tuna Netra atau Low Vision, Tuna Rungu, Tuna Wicara, Tuna Daksa, dan Tuna Laras.

  • Beasiswa daerah afirmasi

Sasaran beasiswa ini adalah masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh LPDP.

  • Beasiswa prasejahtera

Sasaran beasiswa ini adalah masyarakat yang berasal dari keluarga tidak mampu atau prasejahtera.

Beasiswa Targeted

  • Beasiswa PNS, TNI, dan Polri

Beasiswa ini diperuntukkan bagi Pegawai Negri Sipil/Anggota TNI/Polri yang telah menyelesaikan studi program Diploma Empat (D4) atau Sarjana (S1) untuk beasiswa Magister atau menyelesaikan studi program Magister (S2) untuk beasiswa Doktor.

  • Beasiswa kewirausahaan

Beasiswa ini selanjutnya disebut BPI Kewirausahaan adalah beasiswa jenjang Magister luar negri yang diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang bergerak dalam bidang kewirausahaan.

Beasiswa Umum

  • Beasiswa regular

Beasiswa ini diperuntukan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program Diploma Empat (D4) atau Sarjana (S1) untuk beasiswa Magister, atau telah menyelesaikan studi program Magister (S2) untuk beasiswa Doktor untuk beasiswa di dalam maupun luar negeri.

  • Beasiswa perguruan tinggi utama dunia (PTUD)

Beasiswa ini diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari perguruan tinggi utama dunia untuk menempuh jenjang pendidikan Magister atau Doktor.

  • Beasiswa Co-Funding

Beasiswa ini ditujukan untuk pendaftar beasiswa jenjang Magister luar negeri program beasiswa regular dan beasiswa perguruan tinggi utama dunia melalui skema beasiswa semi-mandiri.

 

 

Langkah-langkah Pendaftaran

Untuk mendaftar, kalian ikuti langkah-langkah dibawah ini ya!

  1. Mendaftar secara online pada situs pendaftaran beasiswa LPDP di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.
  3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.