Halo anak Indonesia! Siapa nih yang lagi mengicar kuliah di Fakultas Ekonomi? Sudah bukan rahasia lagi kalau Fakultas Ekonomi itu selalu jadi rebutan banyak orang. Soalnya, jurusan di fakultas ini selalu jadi incaran banyak perusahaan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tapi, tahukah kamu kalau jurusan-jurusan di Fakultas Ekonomi itu gak melulu belajar tentang uang dan manajerial saja? Di Fakultas Ekonomi ini, kalian juga akan banyak belajar tentang mengelola sumber daya perusahaan hingga bisnis. Buat kalian yang menggemari dunia accounting, finansial atau bisnis… kuliah di sini adalah pilihan yang cocok untuk kalian.

 

Jurusan di Fakultas Ekonomi

Oke, fakultas nya sudah tahu! Tapi sudah bisa menentukan belum nanti mau masuk jurusan apa? Yuk sama-sama kita bahas, ada jurusan apa saja sih di Fakultas Ekonomi?

Akuntansi

Di jurusan ini, kalian akan mempelajari materi terkait metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna untuk membantu pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan.

Jurusan akuntansi memang dikenal sebagai jurusan yang sangat dekat dengan angka, terutama yang terkait dengan keuangan. Tetapi, mahasiswa jurusan akuntansi tidak hanya belajar cara menghitung uang tapi juga tentang manajemen, perpajakan, sistem informasi dan pengauditan.

Kalau untuk prospek kerja, gak usah khawatir! Lulusannya punya prospek kerja yang sangat luas! Bisa juga dikatakan, hampir seluruh sektor membutuhkan lulusan Akuntansi.

Pilihan Karier Jurusan Akuntansi

Biasanya memang lulusan Akuntasi memilih berkarier di sektor keuangan, tapi jangan salah…. Industri non keuangan dan juga pemerintahan itu patut dicoba!

 

Manajemen

Di jurusan ini, kalian akan mempelajari tentang kegiatan perusahaan yang masih memiliki keterkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Seorang lulusan jurusan Manajemen akan melakukan kegiatan yang meliputi kebijakan manajemen perusahaan, strategi bisnis, ketenagakerjaan dan kepegawaian, manajemen produksi, pemasaran, administrasi hingga organisasi nirlaba.

Peluang karier yang dimiliki lulusan Manajemen bisa dibilang sangat luas karena mencakup berbagai jenis pekerjaan. Karier di sektor ekonomi dan keuangan biasanya menjadi pilihan utama, tapi pada dasarnya banyak sekali peluang karier di sektor lain seperti bidang pendidikan, media, kreatif, dll. Terlebih lagi, setiap bidang di perusahaan membutuhkan seseorang yang memiliki pemahaman yang baik di bidang manajemen.

Pilihan Karier Jurusan Manajemen

Kalian juga bisa menjadi pegusaha dan membangun bisnis kalian sendiri yang sesuai dengan minat bakat yang kalian punya!

 

Ekonomi Syariah

Jurusan ini biasa disebut juga jurusan Ekonomi Islam di beberapa perguruan tinggi. Secara umum kurang lebih kalian akan mempelajari subjek-subjek yang sama dengan Jurusan Ekonomi pada umumnya, seperti pengelolaan sumber daya, kajian prinsip-prinsip ekonomi (baik makro ataupun mikro), perdagangan international dll. Tapi, dalam jurusan Ekonomi Syariah, kalian akan mengkaji prinsip-prinsip ekonomi sesuai dengan prinsip syariah islam yakin berlandaskan Al-Qur’an, hadist, dan kaidah-kaidah fiqih turunannya. Walau begitu, kalian tetap akan mendapatkan materi sistem ekonomi konvensional. Kenapa? Agar kalian bisa mendapatkan kesimpulan utuh terkait sistem ekonomi yang ideal.

Prospek kerja lulusan jurusan Ekonomi Syariah cukup banyak dan spesifik seperti lembaga keuangan, layanan kemasyarakatan, hingga sistem bisnis yang bernuansa syariah.

Pilihan Karier Jurusan Ekonomi Syariah

 

Ilmu Ekonomi

Nah, untuk jurusan ini…. Kayaknya sudah banyak yang tahu dari seorang Maudy Ayunda ya? Yes! Seorang Maudy Ayunda adalah lulusan jurusan Ilmu Ekonomi. Jurusan ini berfokus pada upaya pengalokasian sumber daya yang terbatas dan memperoleh keuntungan yang optimal. Selain itu, pada jurusan ini kalian juga akan mengeksplorasi upaya pemberdayaan ekonomi. Tren pembelajaran ilmu ekonomi saat ini juga banyak yang mengarah pada behavioral economics dan juga crime economics. Jadi tertarik?

Peluang karier nya juga banyak banget! Mulai dari perusahaan dalam negri, hingga luar negeri. Jenis pekerjaan dan jenjang karier yang ditawarkan juga cukup variatif. Pada umumnya, pilihan karier yang utama ada di sektor keuangan, tapi pada dasarnya kalian bisa bekerja juga di sektor lain seperti sektor kreatif.

Pilihan Karier Jurusan Ilmu Ekonomi

 

Sudah cukup membuka pikiran kalian? Tenang, masih ada waktu untuk memikirkan apa yang mau kalian ambil nanti saat tes Perguruan Tinggi. Jangan lupa, tetap semangat belajar ya! Kalau bingung sama pembelajaran… cus! Langsung konsultasi aja sama guru di halo guru. Konsultasi dimana saja kapan saja!