Halo anak Indonesia. Tidak terasa sebentar lagi sudah masuk waktunya Penilaian Tengah Semester nih. Persiapan apa saja yang sudah kalian lakukan? Walaupun tahun ajaran baru masih dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh, kalian tetap harus semangat belajar, ya. Walaupun ini masih Penilaian Tengah Semester, nilai ini nantinya akan mempengaruhi keseluruhan nilai akhir semester, loh! Apalagi untuk kalian yang ada di jenjang kelas 6, 9, dan 12. Jadi, kalian harus persiapkan PTS ini dengan baik, ya. Bagaimana caranya? Yuk! simak tips dan trik di bawah ini, ya.

 

  1. Buatlah jadwal belajar

Jadwal belajar itu adalah salah satu hal yang penting dilakukan. Dengan membuat jadwal belajar, bukan hanya membuat kalian terbiasa dengan hidup disiplin, kalian juga jadi bisa lebih fokus belajar. Kalian jadi bisa mencicil materi setidaknya dari beberapa minggu sebelumnya sehingga kalian bisa memastikan semua detail materi dipelajari dengan saksama.

 

  1. Baca kembali semua catatan dari guru.

Catatan dari guru adalah salah satu hal terpenting! Terkadang kita malas mencatat dengan baik semua penjelasan guru saat mengajar. Padahal, mencatat materi pembahasan yang dijelaskan guru itu sangat berguna, lho. Dengan membiasakan diri mencatat materi pembahasan dengan rapi, kalian bisa tahu poin-poin penting yang harus dipelajari kembali sebelum ujian. Hal ini akan membantu kalian saat membaca ulang buku pelajaran. Catatan juga bisa mempersingkat waktu belajar kalian, apalagi jika catatannya tersusun rapih dan dibuat menarik. Pasti kalian akan lebih mudah paham dan semangat belajar.

 

  1. Jangan belajar dengan sistem kebut semalam

Sistem Kebut Semalam atau biasa dikenal SKS, siapa sih yang belum pernah melakukannya? Iya betul, kadang menunggu mood belajar yang tidak kunjung datang akhirnya membuat kita belajar dengan sistem kebut semalam. Padahal, ketika kamu belajar di waktu yang sempit, kamu cenderung akan hilang fokus karena jadi terburu-buru mempelajari semua materi. Akibatnya, materi penting bisa saja terlewatkan. Selain itu, waktu istirahat kalian juga akan terganggu. Bisa-bisa kalian telat bangun keesokan paginya atau jadi mengantuk dan hilang konsentrasi ketika ujian.

 

  1. Ajak teman-temanmu belajar bersama

Siapa yang di sini suka belajar kelompok? Selain memang lebih seru, dengan belajar bersama kalian bisa saling membantu satu sama lain dalam memahami materi-materi ujian. Tapi perlu diingat, kelompok belajar kalian jangan terlalu besar ya. Cukup 4-5 orang. Lebih dari itu, kondisi belajar malah bisa tidak kondusif karena terlalu banyak orang.

 

  1. Buatlah motivasi untuk diri sendiri

Biasanya niat belajar di awal sangat kuat, tetapi dalam pelaksanaannya sering malas dan keteteran. Hal ini wajar dialami, tetapi kita harus bisa menyiasati ini dengan mencoba memotivasi diri kita. Bisa dengan cara menghadiahi diri kita sesuatu yang bisa membuat kalian termotivasi. Misalnya, setelah belajar selama tiga jam, kalian akan menghadiahi diri dengan tidur siang selama 1,5 jam atau makan makanan favorit kalian. Dengan begitu, kalian akan merasa lebih bersemangat.

 

Nah, itulah beberapa tips dan trik untuk kalian mempersiapkan PTS. Dengan niat yang kuat untuk belajar, kalian tidak perlu khawatir lagi dalam menghadapi musim PTS ini. Kalau kalian punya banyak pertanyaan dari materi-materi pembelajaran dan butuh teman diskusi, bisa langsung saja konsultasi di halo guru dengan guru-guru favorit kalian! Atau akses bank soal untuk membantu kalian berlatih sebelum UTS dimulai. Selamat belajar anak Indonesia, tetap semangat meraih cita-cita setinggi langit, ya!