Halo anak Indonesia. Masih semangat kan PJJ nya? Supaya semakin semangat, yuk hari ini kita bahas tentang Pecahan bersama-sama. Kalian sudah pernah belajar pecahan? Sudah ada gambaran tentang pecahan? Nah, untuk lebih paham lagi, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

 

Pecahan

Apa itu Pecahan? Pecahan atau fraksi adalah istilah matematika yang memiliki bentuk a/b di mana b≠ 0.Di sini, a merupakan pembilang dan b merupakan penyebut. Hakikat dalam bilangan pecahan adalah bagaimana cara menyederhanakan pembilang dan penyebut. Penyederhanaan pembilang dan penyebut akan memudahkan dalam operasi artimatika sehingga tidak menghasilkan angka yang terlalu besar, tetapi tetap punya nilai yang sama.

 

Bentuk-bentuk pecahan

Pecahan dapat dibagi menjadi 4, yaitu

  1. Pecahan biasa

Bilangan pecahan biasa merupakan pecahan yang terdiri atas pembilang dan penyebut di mana pembilang < dari penyebut.

Contohnya:

  1. Pecahan campuran

Pecahan campuran merupakan suatu bentuk pecahan yang terdiri dari bilangan bulat, pembilang, dan penyebut. Pecahan campuran itu adalah penyederanaan dari pecahan biasa tidak murni. Yang dimaksud dengan tidak murni itu adalah pecahan yang angka pembilangnya lebih besar dari penyebut.

Contohnya:

Pecahan biasa dapat diubah menjadi pecahan campuran jika pembilangnya lebih besar dari penyebutnya. Contohnya:

Sebaliknya, pecahan campuran juga bisa diubah menjadi pecahan biasa dengan cara mengalihkan hasil bagi dengan pembagi kemudian dijumlahkan dengan sisa per pembaginya. Contohnya:

  1. Pecahan desimal

Pecahan desimal adalah sebuah bilangan yang selalu ditandai dengan tanda koma (,). Bilangan desimal bisa didapat melalui pembagian antara pembilang dan penyebut suatu pecahan. Contohnya:

  1. jika penyebutnya faktor dari 10, 100, 1000 dan seterusnya, maka ubahlah penyebutnya menjadi 10, 100, 1000 dan seterusnya. Contohnya:

  1. jika penyebutnya bukan faktor dari 10, 100, 1000 dan seterusnya, maka bagilah langsung pembilang dan penyebutnya. Contohnya:

Pecahan desimal juga dapat diubah menjadi pecahan biasa dengan cara, memperhatikan banyaknya angka di belakang koma:

  1. jika 1 angka, maka artinya sama dengan sepersepuluhnya
  2. jika 2 angka, maka artinya sama dengan seperseratusnya
  3. jika 3 angka, maka artinya sama dengan seperseribunya
  4. dan seratusnya, kemudian sederhanakanlah!

Contohnya:

  1. Persen (perseratus)

Mengubah pecahan biasa menjadi persen caranya adalah mengubah penyebutnya menjadi 100 atau dengan cara mengalikan pecahan tersebut dengan 100%.

Contohnya:

Selanjutnya, mengubah persen ke pecahan biasa, caranya dengan menggunakan arti dari persen itu sendiri, yaitu seperseratus.

Contohnya:

Nah, bagaimana? Sudah mulai mengerti tentang pecahan? Semoga pembahasan diatas bisa membuat kalian lebih paham tentang pecahan, ya. Selanjutnya, kalian harus banyak berlatih agar tidak mudah lupa dan semakin paham lagi ya. Kalian bisa cek bank soal di halo guru untuk referensi soal-soal pembelajaran. Kalau-kalau masih bingung, boleh langsung konsultasi di halo guru dengan guru favorit kalian kapan saja!

Yang terpenting tetap semangat belajar ya untuk raih cita-cita kalian setinggi langit.