Halo anak Indonesia. Tahukah kamu tentang biosfer? Biosfer adalah lingkungan kehidupan di muka bumi yang berupa dunia flora dan fauna. Persebaran flora dan fauna di muka bumi ini dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu 1) klimatik, 2) edafik, 3) relief, dan 4) pengaruh makhluk hidup. Keberadaan flora dan fauna sangatlah penting dalam mendukung kelangsungan hidup manusia karena bermanfaat untuk sumber bahan makanan, sumber tenaga, dan merupakan komponen penting dalam ekosistem. Namun demikian, flora dan fauna juga dipengaruhi oleh perilaku manusia. Keragaman flora dan fauna yang ada di dunia ini terdapat di kawasan yang disebut bioma.

 

Persebaran Flora di Dunia

  1. Hutan Hujan Tropis  tersebar di wilayah-wilayah sekitar khatulistiwa, yaitu sekita lintang 10° LU – 10° LS, dengan rata-rata suhu terdingin di atas 18° C dan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Ciri khas vegetasinya ialah hutan belantara dengan jenis tumbuhan yang heterogen dan tingkat kerapatan tinggi. Terdapat tujuh kelompok tumbuhan utama yang menyusun hutan tropika, yaitu:
    1. Pohon-pohon hutan yang mempunyai tajuk membentuk atap (canopy)
    2. Terna, disebut juga tumbuhan pemanjat atau ‘liana’
    3. Epifita, tumbuhan yang melekat pada cabang, batang dan daun-daun pohon seperti lumut, paku-pakuan, anggrek
    4. Pencekik pohon, tumbuhan yang awalnya sebagai efipita kemudian setelah besar akarnya menjulur ke tanah dan mencekik pohon inangnya, seperti beringin hutan
    5. Saprofita, tumbuhan yang zat haranya diperoleh dari bahan organik yang telah mati, seperti cendawan/jamur dan bakteri
    6. Parasit, hidupnya seperti benalu. Contohnya Raflesia yang hidup pada akar liana
  1. Hutan musim  terdapat di wilayah-wilayah yang memiliki pergantian musim kemarau dan penghujan sangat jelas, serta periode musim kemarau yang relatif panjang dengan curah hujan antara 100-200 cm per tahun. Kawasan hutan musim dinominasi oleh satu jenis tumbuhan utama (homogen). Hutan musim tersebar di India, Myanmar, Indo-China, Indonesia, Malaysia, Australia Utara, Malahasi, Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.
  1. Hutan Conifer  terdapat di daerah lintang tinggi mendekati kawasan lingkaran kutub, seperti wilayah Kanada bagian Utara, Eropa Utara, Asia Utara terutama sekitar Siberia serta wilayah- wilayah pegunungan tinggi kawasan tropis. Jenis tumbuhan yang banyak dijumpai adalah pinus mercussi, cemara, larix, dan pohon Sequola (Red Wood) yang merupakan jenis pohon terbeasr di dunia. Pohon ini terdapat di California.
  1. Hutan Tundra ialah padang lumut yang terdapat di daerah beriklim dingin. Sesuai dengan namanya, bio ini didominasi oleh tumbuhan lumut dan sedikit rerumputan yang tahan terhadap iklim dingin. Tundra terdapat di wilayah Amerika Utara, Siberia, dan Eropa Utara.

 

Persebaran Fauna di Dunia

  1. Kawasan Australis ini meliputi Australia, Selandia Baru dan beberapa pulau kecil di wilayah Indonesia bagian timur. Fauna khas seperti kangguru, platypus, wallaby dan kuskus. Beberapa burung khasnya adalah cenderawasih, kasuari, emu, dan kakatua. Jenis reptil yang banyak dijumpai ialah ular piton, ular harimau penyengat, buaya, dan kadal.
  1. Kawasan Neotropik ini meliputi Amerika Selatan, Amerika Tengah, sebagian besar wilayah Meksiko. Ikan piranha dan belut listrik hanya terdapat di sekitar Sungai Amazon, Lama yaitu jenis unta khas negeri Bolivia. Jenis fauna lainnya yaitu alpaka, tapir, dan kera.
  1. Kawasan Palearktik ini meliputi Eropa, Afrika paling utara, Asia (sebelah utara Pegunungan Himalaya), Pegunungan Nan King, wilayah Negara bekas Uni Soviet dan Laut Mediterania. Jenis fauna yang hidup adalah moles, kijang, sapi, kambing, robin dan magpies.
  1. Kawasan Nearktik ini meiputi Greenlnd, wilayah Amerika Utara dan Meksiko. Fauna yang hidup dan berkembang antara lain anjing, kelelawar, kelinci, tupai dan tikus berkantong.
  1. Kawasan Oriental ini meliputi India, Srilanka, Indo-China, Cina bagian Selatan, Indonesia dan Malaysia. 
Fauna penghuni kawasan ini antara lain gabon dan orang utan.
  1. Kawasan Ethiopisa antara lain adalah Afrika meliputi selatan Gurun Sahara dan Kepulauan Madagaskar. Fauna yang hidup di wilayah ini antara lain kuda nil, zebra, badak, jerapah dan berbagai jenis burung.

 

Daerah Sebaran Flora dan Fauna

Sebagian besar fenomena-fenomena biosfer, terutama yang menyangkut persebaran flora dan fauna banyak dipelajari dalam ilmu Biogeografi, di antaranya:

  1. Biogeografi Sejarah adalah ilmu yang mengkaji persebaran flora dan fauna berdasarkan pada:
  • Perkembangan dan evolusi kelompok organisme
  • Iklim dan migrasi
  • Pergerakan bumi pada masa lalu
  • Hubungan ekologis antara masa lalu dan masa sekarang
  • Terjadinya migrasi
  1. Biogeografi Ekologi adalah ilmu yang mengkaji persebaran flora dan fauna berdasrkan pada:
  • Interaksi antar organisme yang satu dengan yang lainnya
  • Interaksi antar ogranisme dengan lingkungannya
  • Pengaruh dari interaksi yang dilakukan antarorganisme maupun organisme dengan lingkungannya.

wilayah sebaran flora fauna

Untuk pembahasan dan pembelajaran lebih lanjut, kalian bisa konsultasikannya dengan guru favorite kalian di halo guru, ya! Jangan lupa, akses juga bank soalnya untuk referensi latihan-latihan kalian dirumah. Semangat terus anak Indonesia.