Halo anak Indonesia. Siapa yang sedang mempersiapkan diri masuk kuliah? Setelah lulus jenjang SMA, pasti banyak dari kalian yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), kan? Nah, jalur masuk PTN itu ada beberapa lho! Ada jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Apakah kalian sudah tahu perbedaan-perbedaannya? Sekarang kita bahas dulu tentang SNMPTN, ya.

Apa itu SNMPTN?

Pertama, kita bahas dulu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa dikenal dengan SNMPTN. Jalur masuk PTN ini menggunakan nilai rapor sebagai syarat penilainnya atau lebih dikenal sebagai jalur undangan. Nilai rapor yang digunakan ialah rapor semester 1 hingga semester 5. Selain nilai rapor, kamu juga bisa menyertakan sertifikat pencapaian prestasi agar peluang lolos SNMPTN-mu semakin besar.

Lewat jalur ini, PTN akan menyaring calon-calon mahasiswanya berdasarkan aspek akademis di sekolah. Bisa dikatakan, jalur SNMPTN ini ditunjukkan untuk siswa-siswa yang memiliki prestasi unggul.

Sama dengan SBMPTN, jalur SNMPTN juga diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT. Kalian tidak perlu membayar biaya apa pun ya untuk mengikuti SNMPTN ini. Seluruh biayanya akan ditanggung oleh pemerintah. Mulai pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya, alias gratis.

Kuota SNMPTN

Kuota atau daya tampung SNMPTN ini biasanya minimal 20% dari jalur seleksi keseluruhan pada tiap program studi. Daya tampung ini paling kecil kalau dibandingkan dengan daya tampung di SBMPTN dan Ujian Mandiri. Karena itu, hanya siswa-siswa yang memenuhi syarat , yang bisa mengikuti SNMPTN ini yang biasanya disebut sebagai siswa eligible.

Pemilihan siswa eligible tersebut dilakukan berdasarkan rangking hasil nilai mata pelajaran dan kelengkapan data siswa yang diberikan sekolah kalian. Namun, perlu kalian tahu, jumlah siswa eligible ini berbeda-beda lho tiap sekolah. LTMPT menetapkan kuota sekolah berdasarkan akreditasinya. Makin bagus akreditasi sekolah, maka makin banyak juga siswa yang dapat mengikuti SNMPTN.

Pemilihan Jurusan dan Mekanisme Seleksi SNMPTN

Berdasarkan ketentuan pilihan jurusan SNMPTN di tahun 2021, ada 2 program studi yang bisa kalian pilih dari 1 atau 2 PTN. Kalau memilih 2 program studi, salah satunya harus berada di PTN yang lokasinya sama dengan sekolah asal kalian. Jika hanya 1 program studi, kalian bebas memilih PTN di mana pun.

Setelah pendaftaran ditutup, selanjutnya ialah periode penilaian. Kombinsi antara nilai rapor dn asal sekolahan ialah 2 faktor utama yang dilihat dalam penilaian SNMPTN. Pada prinsipnya, proses seleksi dilakukan secara seri. Artinya, tidak dilakukan di 2 PTN secara bersamaan, tapi urut berdasarkan prioritas pilihan PTN yang kalian inginkan. Kalau kalian sudah diterima di PTN pilihan I, berkas kalian sudah tidak akan dioper ke PTN pilihan ke II. Coba lihat skema dibawah ini ya.

alur snmptn

 

Melihat dari bagan di atas, pertama berkas kalian akan diseleksi di Universitas Indonesia. Jika tidak diterima, berkas akan dioper ke ITB. Jadi, kalian harus taktis juga dalam memilih jurusan dan kampus yang diinginkan.

Pertanyaan yang banyak juga dilontarkan ialah apa bisa lintas jurusan? Pihak LTMPT mengimbau peserta tidak melakukan lintas jurusan. Namun, kalau kalian ingin lintas jurusan, sebaiknya cek ketentuan PTN yang kalian tuju ya.

Syarat Peserta SNMPTN

Salah satu cara agar lulus SNMPTN ialah peserta wajib ditetapkan sebagai siswa eligible oleh pihak sekolah. Selain itu, kalian juga harus memenuhi beberapa persyaratan lainnya, seperti berikut ini:

  1. Siswa SMKA/MA/SMK/Sederajat kelas 12 pada tahun berjalan memiliki prestasi unggul
  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan masing-masing PTN
  3. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  4. Memiliki nilai rapor semester 1 -5 yang telah tercantum di PDSS
  5. Mengunggah portofolio bagi yang memilih program studi bidang seni atau olahraga.

 

Nah, itulah informasi-informasi tentang SNMPTN yang kalian harus ketahui. Semoga pembahasan ini bisa mempermudah persiapan kalian, ya. Mengingat SNMPTN menggunakan nilai rapor sebagai penilaian, persiapkan prestasi akademik yang bagus sedini mungkin, ya. Untuk membantu kalian belajar dan mempersiapkan diri masuk PTN favorit, bisa konsultasikan semua kesulitan belajarmu di halo guru, lho! Lengkap dengan try out online dan juga bank soal yang bisa melengkapi program belajar kalian. Semangat terus anak Indonesia!