Halo anak Indonesia. Tahukah kalian saat ini Perguruan Tinggi di Indonesia menyelenggarakan berbagai program pendidikan. Salah satu program yang disediakan ialah International Undergraduate Program atau IUP. Program ini dibuka untuk menampung mahasiswa, baik dalam maupun luar negeri, untuk bisa belajar dengan standar internasional.

Berbeda dengan program reguler yang cakupannya lebih luas, program kelas internasional ini hanya tersedia di beberapa kampus. Program studi yang menyediakan pilihan kelas internasional pun juga terbatas. Salah satu pilihan kelas IUP yang banyak diminati oleh calon mahasiswa, yaitu Kedokteran. Di Indonesia sendiri, ada beberapa kampus yang membuka program IUP Kedokteran. Berminat untuk belajar Kedokteran di kelas internasional? Yuk, simak pilihannya di bawah ini!

 

Universitas Gadjah Mada

Pilihan pertama jika ingin kuliah Kedokteran kelas internasional, yaitu di Universitas Gadjah Mada atau UGM. IUP Medicine UGM merupakan salah satu program yang sudah populer di Indonesia dan selalu ramai peminat setiap tahunnya. Mahasiswa program ini akan mendapat pendidikan selama 5,5 tahun untuk bisa menjadi dokter yang siap menghadapi era 4.0.

Supaya bisa menjadi mahasiswa program ini, kamu harus mengikuti seleksi secara terpisah dari kelas reguler. Ada beberapa tes yang perlu untuk dilewati yaitu AcEPT, GMST, Interview, MMPI, dan SJT. Tes tersebut akan dilaksanakan dalam satu rangkaian dan harus diikuti oleh calon mahasiswa.

 

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau UI juga menyelenggarakan kelas internasional untuk program studi Kedokteran. Di UI, program ini lebih dikenal dengan Kelas Khusus Internasional atau KKI. Perkuliahan di KKI Kedokteran UI dirancang untuk mencetak dokter-dokter yang memiliki kompetensi dengan skala internasional.

Mahasiswa yang belajar di program ini akan mendapat kesempatan untuk belajar di universitas rekan di luar negeri. KKI Kedokteran UI sendiri memiliki 3 partner, yaitu University of Melbourne, Monash University, dan University of Newcastle Upon Tyne. Mahasiswa juga dapat mengambil program gelar ganda di kampus-kampus tersebut.

 

Universitas Airlangga

Kamu bisa mendapat pendidikan program IUP Kedokteran di Universitas Airlangga. Program kelas internasional di Unair telah memiliki kualitas yang terjamin. Hal ini dibuktikan dengan adanya akreditasi dari LAMPTKes, AUN-QA, dan ASIIN.

Kelas internasional kedokteran di Unair menawarkan beberapa pilihan bagi mahasiswa untuk mendapatkan international exposure. Mahasiswa bisa memilih program double degree di Melboune University. Selain itu, tersedia juga pilihan elective programme dan student exchange di berbagai perguruan tinggi luar negeri.

 

Universitas Brawijaya

Kelas internasional untuk program studi Kedokteran lainnya tersedia di Universitas Brawijaya. Program ini dibuka untuk mahasiswa yang tidak berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI). Bagi yang ingin mendaftar progam ini harus memiliki skor TOEFL (ITP) minimal 500 atau IELTS 5,5. Selain itu, mahasiswa juga bisa berbahasa Indonesia.

Pendaftaran untuk program ini dibuka dalam dua periode. Periode pertama dibuka pada bulan Februari – Agustus untuk A Level, sedangkan periode kedua dibuka untuk O level pada bulan September – Januari. Bagi yang ingin mendaftar program ini, diharuskan untuk membayar biaya pendaftaran sebesar US$100.

 

Universitas Hasanuddin

IUP Kedokteran yang berikutnya yaitu di Universitas Hasanuddin atau UNHAS. Program ini telah diselenggarakan mulai tahun 2019. Mahasiswa yang memilih program internasional akan mendapatkan atmosfer dan exposure internasional.

 

Bagi yang tertarik untuk menjadi mahasiswa di program ini diharuskan untuk melakukan pendaftaran terpisah dari program reguler. Calon mahasiswa perlu menyiapkan beberapa persyaratan seperti ijazah, pas foto, dan sertifikat TOEFL. Setelah itu, peserta akan mengikuti seleksi berupa tes potensi akademik dan kemampuan bahasa Inggris. Untuk mempersiapkan tes ini, kalian bisa berkonsultasi pembelajaran di halo guru juga lho! Semakin sering membahas soal bersama guru, akan semakin mantap persiapannya. Semangat terus anak Indonesia.